Rabu, 28 Desember 2011

PI (Penulisan Ilmiah) dianggap sosok yang menakutkan


Pada semester 6, semua mahasiswa wajib mengambil SKS PI(Penulisan Ilmiah). Sebagian besar dari mereka menganggap semester ini adalah semester yang paling sulit, karena harus membuat PI. Jika PI belum selesai, maka pada semester 8 nanti tidak boleh SKRIPSI. Apabila hal itu terjadi maka mereka tidak dapat lulus tepat pada waktunya.

Bagi mereka PI merupakan sosok yang menakutkan dan menyeramkan. Hal tersebut membuat mereka merasa sangat terbebani dengan adanya PI. Dengan demikiian tidak sedikit dari mereka yang terhambat kuliahnya karena PI.

Sebelumnya saya juga beranggapan demikian, namun setelah saya kerjakan ternyata PI tidak seperti yang saya bayangkan selama ini. Apalagi ternyata saya mendapat dosen pembimbing yang baik dan memberi kebebasan kepada saya untuk memilih membuat PI dengan membuat alat ataupun analisa. Kemudian saya memutuskan untuk membuat alat. Setelah judul yang saya ajukan disetujui, saya mulai mengerjakan BAB I, BAB II, alat serta maketnya, BABIII, BAB IV, BAB V dan akhirnya selasai dan mendapat ACC dari dosen pembimbing saya untuk sidang.

Kini akhirnya PI saya telah selesai dan saya dinyatakan lulus sidang PI pada tanggal 30 Mei kemarin tanpa adanya revisi. Sejak saat itu saya tidak lagi beranggapan bahwa PI(Penulisan Ilmiah) adalah sosok yang menakutkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar