Jumat, 31 Desember 2010

Tugas Bahasa Indonesia 3

Tugas 3 "softskill Bahasa Indonesia"

oleh : Ita Rusmala Dewi

Penggolongan paragraf berdasarkan metode pengembangan :

1. Metode Definisi

2. Metode Sebab-akibat

3. Metode Proses

4. Metode Contoh

5. Metode Klasifikasi

Contoh Paragraf:

1.Paragraf Definisi:

Menurut R.S.Woodworth,Psikologi adalah ilmu jiwa.Sedangkan menurut Crow dan Crow Psikologi adalah kejiwaan manusia dalam berinteraksi dengan dunia sekitarnya.Sementara itu,Santian berpendapat bahwa psikologi merupakan perwujudan tingkah laku manusia.

2.Paragraf Sebab-akibat:

Seharusnya Indonesia telah menerapkan Negara kesejahteraan sejak awal kemerdekaan.Program Jamsostek baru dimulai pada 1976 sehingga Indonesia tertinggal membentuk tabungan nasional.Padahal,Malaysia sudah memulainya sejak 1959.Akibatnya saat krisis melanda Asia pada 1997-1998,Indonesia paling sulit untuk bangkit lagi.Oleh karena itu Indonesia perlu melakukan reformasi penyelenggaraan program jaminan sosial.

3.Paragraf Proses:

Setelah sampai di darat,kendurkan semua pakaian korban yang sekiranya menyesakkan dirinya.Bersihkan mulutnya dari pasir atau lumpur,dan lepaskan gigi palsunya (kalau ada).Selanjutnya telungkupkan badannya,dan berdirilah anda di depan badan korban,sambil membungkukan badan ke depan.tempatkan kedua tangan anda pada perutnya dekat rusuk bawah.Angkatlah perutnya sehingga kepalanya menunduk ke tanah dan air keluar dari mulutnya.Jika pernapasannya berhenti,segeralah beri dia pernapasan buatan.

4.Paragraf Contoh:

Dalam melestarikan suatu lingkungan ada beberapa cara yang bisa kita lakukan.Contohnya,dengan menanam pohon di pinggir jalan,membuang sampah pada tempatnya,membersihkan lingkungan sekitar kita,serta memanfaatkan sumber daya alam dengan baik.Karena dengan kita melakukan setiap langkah dari contoh di atas maka kehidupan kita akan baik dan akan mengurangi bencana alam yang akan terjadi.

5.Paragraf Klasifikasi:

Makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri yang sama dikelompokkan dalam kelompok yang sama.Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk memudahkan mengenal beraneka ragam objek yang akan dipelajari. seperti buah dibagi menjadi dua yaitu buah yang ada bijinya dan buah yang tidak ada bijinya(non biji).Buah yang ada bijinya yaitu jeruk,semangka,nangka,duku,jamblang,anggur, dan lain-lain.sedangkan buah yang tidak ada bijinya(non biji) yaitu semangka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar